Friday, June 5, 2009

Cake Pisang

Meliza (temanku yang baikhati) memberi ide, mbak bikino cake pisang. Wah terobsesi banget aku. Sore aku sengaja teng-go. Soalnya mau mampir pasar, cari pisang. Yang aku incer adalah pisang yang sudah sangat matang, yang kadang sudah gak dianggep sama penjual apalagi pembeli. Hasilnya … aku dapat pisang kepok murah. Padahal, pisang yang beginilah yang cocok untuk kue. Gampang dihancurkan dan sudah gak ada getahnya. Aku bikin dua kali, satu pake resep ini :
150 gr tepung
300 gr pisang kapok hancurkan
125 gr gula (karena pisang sudah manis)
150 gr margarin
3 butir telur
50 ml susu cair
Baking powder
Bumbu spekuk dan bubuk kayu manis, coklat beras (sak duwene)

Caranya :
Panaskan oven, timbang semua bahan. Ayak terigu, baking powder dan bumbu-bumbu
Margarine dan gula di mixer sampai putih, masukkan telur satu per satu sampai kental dan berbuih.
Masukkan pisang, aduk terus.
Masukkan campuran terigu, aduk pelan dengan spatula.
Masukkan dalam loyang loaf, dan untuk hiasan, bisa ditaburi coklat beras.
Oven kira-kira 45 menit

Gara-gara Idho agak tidak enak badan, dia jadi gak berselera makan kue. Biasanya, gak nunggu dingin seperti teori, kue sudah ludes. Sekarang, kue masih aman sampai dingin, apalagi untuk icip-icip ku buatkan satu resep lagi yang mirip tapi dengan komposisi ini
100 gr tepung
75 gr pisang kepok hancurkan
100 gr gula
100 gr margarin
2 butir telur
Baking powder
bubuk kayu manis

Cara pengerjaannya, sama dengan diatas. Hanya karena terinspirasi oleh blognya MAKI cake, aku jadi pengen nyoba cupcake. Jadilah, yang ini kumasukkan dalam cups. Lumayan, cantik hasilnya. Maaf tidak terfoto, lighting lagi tidak memungkinkan. Sudah dicoba sih, tapi hasilnya burem dengan sukses. . Yang membuatku menyesal adalah…. program dietku bubrah.

No comments:

Post a Comment